Bangsa Yang Maju, Bangsa Yang Gemar Minum Susu


Bangsa yang maju adalah bangsa yang gemar minum susu” ungkapan tersebut bukanlah hal yang berlebihan. Dalam blog ini saya mencoba mendeskripsikan kelebihan manfaat susu yang secara tidak langsung dapat menunjang kemajuan bangsa. Blog yang mendukung “Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak“. Semoga tulisan di blog ini bermanfaat.   
Meminum susu dapat mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan manusia. Sejak manusia lahir hingga dewasa semua membutuhkan susu. Mulai dari bayi diberi ASI kemudian masa kanak-kanak, remaja, dewasa hinggga manula susu masih dibutuhkan oleh tubuh. 

Susu merupakan air ajaib dengan sejuta manfaat. Lalu, Apa sih yang membuat air susu tuh ajaib? Hmmm...selain enak rasanya dalam susu terdapat berbagai kandungan zat dan mineral yang bermanfaat sekali bagi tubuh kita, diantaranya yaitu: Protein, kalsium, zinc, riboflavin, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, vitamin K, Laktosa, asam amino, asam pantotenat dan berbagai zat – zat lainnya yang berguna bagi tubuh kita.
Apa sih manfaat minum susu? Dengan meminum susu secara rutin tentunya dapat memberikan manfaat bagi kita, diantaranya yaitu :
  1. Mengoptimalkan tinggi badan dan terhindar dari osteoporosis karena dalam susu terkandung kalsium yang bermanfaat untuk  pertumbuhan dan pembentukan tulang dan adanya kandungan vitamin  dapat memperkuat kuat tulang sehinga tidak mudah keropos.
  2.   Meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan dalam susu terdapat zinc yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Jadi bila minum susu kita jadi tidak mudah sakit, terlebih sekarang ini cuaca yang tidak menentu dan banyaknya aktivitas yang kita kerjakan sehingga membuat daya tahan tubuh menurun. Selain itu, manfaat lain dari kandungan zinc dalam susu adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  3.  Membuat orang jadi pintar dan cerdas. Kandungan susu berupa AHA / AA (Arachidonic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid) merupakan hal yang penting dalam membangun jaringan saraf di retina dan otak yang dapat mempengaruhi ketajaman penglihatan dan perkembangan otak. Kemudian adanya Vitamin B dan Yodium yang terkandung dalam susu dapat mengoptimalkan kinerja otak kita sehingga kita bisa berpikir dengan cepat dan cerdas.
  4.  Membuat orang makin cantik dan tampan. Sebab dalam susu juga terdapat zat besi, vitamin A dan vitamin C yang dapat membuat kulit kita bersinar. Selain itu kandungan protein, lipid, kalsium, Vitamin A, B6, biotin dan potasium yang tepat dapat bermanfaat menjaga keindahan rambut kita. Manfaat lainnya dapat mengurangi resiko kerusakan gigi sebab susu dapat merangsang air liur atau mennggantikan air liur. Susu juga dapat mengurangi terbentuknya plak dan memebersihkan gigi dari zat sukrosa yang terdapat pada gula yang membuta gigi jadi berlubang  selain itu juga susu dapat mengurangi kikisan email gigi dan membantu menumbuhkan mineral pada email gigi sehingga senyum kita jadi lebih menawan.
  5.  Membuat Badan rileks bebas stres. Dengan meminum susu,  zat magnesium dan asam amino dalam susu membantu melemaskan otot tubuh dan mengirimkan sinyal rileks ke otak sehungga tidur dapat lebih nyenyak. Bagi yang mudah sekali marah atau mempunyai tekanan darah tinggi, meminum susu sangat dianjurkan karena kandungan potassium, kalsium dan vitamin D membuat tekanan darah cepat turun. Selain itu juga meminum susu dapat menimbulkan efek perasaan senang sebab adanya kandungan tyrosine dalam susu yang dapat mendorong hormon kegembiraan sehingga membuat kita merasa lebih happy dan awet muda. Dan masih banyak lagi manfaat susubagi tubuh kita.
Dalam perkembanganya dari tahun ketahun susu mengalami berbagai inovasi, jika pada mulanya susu hanya 1 rasa kemudian banyak inovasi menjadi beraneka rasa, dari rasa coklat, vanilla, strowberi dll. Dalam era modernisasi saat ini pun susu sudah tidak hanya mengutamakan soal rasa saja namun ditingkatkan manfaatnya, misalnya saja baru-baru ini terdapat produsen susu yang terdepan melakukan inovasi yaitu Frisian Flag. Perusaahaan yang telah 90 tahun memberikan susu berkualitas kepada masyarakat  ini telah menciprakan sebuah prosuk inovasi pertama di Indonesia untuk Susu Pertumbuhan yaitu Frisian Flag 123 dan 456 dengan Isomaltulosa, nutrisi berbasis karbohidrat yang telah teruji klinis dapat memberikan manfaat positif terhadap kinerja kognitif anak, terutama konsentrasi dan daya ingat.  img



Namun, dari berbagai produk susu yang beredar di Indonesia kita harus jeli memilih susu yang terbaik bagi kita, masih ingatkan tentang hebohnya berita bakteri sakazakii yang sangat meresahkan bagi warga seluruh indonesia sebab bakteri tersebut berbahaya bagi organ tubuh seperti pembuluh darah, selaput otak, saraf tulang belakang, limpa, dan usus bayi. Nah berikut ini tips yang mudah dan aman dalam memilih susu:
  •   Pilih Produk susu yang mempunyai label Halal. Dalam hal ini MUI sudah sangat selektif dan profesional dalam memberikan label Halal. Tidak hanya cermat dalam memeriksa kandungan zat yang berbahaya dalam susu namun juga mencermati hingga bagaimana proses dimana susu yang siap beredar sudah sesuai dengan syariat Islam. Misalnya dalam memperlakukan binatangnya, campuran olahan susu yang bebas dari binatang yang diharamkan. Jadi ingat pilihlah produk susu berlabel Halal, jangan pilih susu yang abal-abal, dengan adanya label Halal sudah barang tentu produk tersebut selain aman dikonsumsi sudah pasti juga aman dari dosa bukan.
  • Pilih produk susu yang sudah dipercaya puluhan tahun. Misalnya saja susu Frisian Flag yang selama 90 tahun telah dipercaya masyarakat untuk menghasilkan produk-produk susu bergizi yang dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.
  •  Cermati kualitas susu baik yaitu : warna putih susu dan kental, cairannya konstan dan tidak menggumpal, aroma khas susu tidak bau asam, tengik atau bau amis, erat jenis lebih tinggi dari air ( diatas 1,0 ), Kalau dituang dari gelas masih menempel di dinding gelas, Kalau dimasak akan terbentuk lapisan busa lemak ( foam ), Bebas dari kotoran fisik seperti darah, debu, bulu serangga dan lain-lain. (http://www.bkpjatim.or.id/pages/posts/ciri-ciri-bahan-makanan-yang-baik-dan-bermutu.12.php)
Jadi sudah saatnya minum susu menjadi bagian dari gaya hidup kita yang dimulai sejak kita kecil hingga akhir hayat kita. Manfaat susu sudah tidak diragukan lagi. Mekonsumsi susu yang berkualitas berdampak mencipakan manusia yang berkualitas dan manusia yang berkualitas tentu saja berbanding lurus dengan kesejahteraan bangsa. Dalam memilih susu jangan lupa 3 H, Halal produksnya, Hebat khasiatnya dan Hemat harganya. Mari minum susu..!

Daftar Pustaka
http://www.halalmui.org/


download lagu

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar